Laskar Pelangi

novel-_laskar_pelangi1.jpgIni adalah kisah heroik kenangan 11 anak Belitong yang tergabung dalam ”Laskar Pelangi”: Syahdan, Lintang, Kucai, Samson, A Kiong, Sahara, Trapani, Harun, Mahar, Flo dan sang penutur cerita – Ikal. Andrea Hirata, yang tak lain adalah Ikal, dengan cerdas mengajak pembaca mengikuti tamasya nostalgia masa kanak-kanak di pedalaman Belitong yang berada dalam kehidupan kontras: kaya dengan tambang timah, tapi rakyatnya tetap miskin dalam kesehariannya. 

Ini adalah cerita tentang semangat juang menyala-nyala dari anak-anak kampung Belitong untuk mengubah nasib melalui sekolah, yang harus mereka dapat dengan terengah-engah. Sebagian besar orang tua mereka lebih suka melihat anak-anaknya bekerja membantu orang tua di ladang, atau bekerja menjadi buruh kasar di PN Timah, daripada sekolah yang tak jelas masa depannya.

Derita sekolah itu tergambar jelas ketika SD Muhammadiyah di kampung miskin itu terancam tutup kalau murid baru sekolah itu tidak mencapai 10 orang. kesebelas anak itulah yang telah menyelamatkan masa depan suar pendidikan yang hampir redup digilas ekonomi.

Kesebalas anak itu memiliki keunikan masing-masing. Diantara 11 anak Laskar Pelangi itu, Lintang dan Mahar adalah 2 diantara yang paling menonjol. Lintang jenius dalam bidang eksakta, Mahar ahli di bidang seni budaya. Mereka seolah mewakili otak kanan dan otak kiri manusia. Lintang memiliki semangat juang yang tiada tara dalam belajar.  Dia rela menempuh perjalanan dengan kereta angin sejauh 80 km pergi pulang demi  dapat memuaskan dahaga ilmu pegetahuan. Saking semangatnya hingga akan tercium karet terbakar dari sepatunya  yang aus digerus pedal sepeda. Jika ada aral melintang di jalan dan terlambat sampai sekolah, tiada masalah baginya, asal dapat menyanyikan lagu ”Padamu Negeri” pada akhir jam pelajaran.

Novel Laskar Pelangi penuh dengan taburan wawasan yang luas bak samudra dari penulisnya yang paham betul tentang ilmu eksakta, seni budaya, dan humaniora. Kita akan dibuat tersenyum geli dari humor kecil yang dilontarkannya, terharu dan bahkan menangis ketika membaca kisah heroik kesebelas anak Laskar Pelangi.

Filicium adalah pohon yang menjadi saksi seluruh drama kehidupan Laskar Pelangi. Pohon itu menaungi sekolah mereka yang hampir roboh. Pohon itu menjadi markas setiap pertemuan mereka: membicarakan soal-soal di sekolah, merancang karya untuk festival 17 Agustus, atau tempat Lintang memberi kuliah tentang ilmu fisika. Pohon itu pulalah yang menjadi saksi kerinduan Ikal pada gadis manis keturunan cina, anak pemillik toko Sinar Harapan yang memiliki jari lentik dan kuku cantik.

Anak-anak Laskar Pelangi itu hidup dalam kebahagiaan masa kecil dan menyimpan mimpi masing-masing untuk hari esok. Tapi siapa yang sanggup melawan sang nasib? Dua belas tahun kemudian, Ikal menyaksikan perubahan nasib teman-temannya yang sungguh diluar dugaan. Sang nasib sungguh menjadi sebuah misteri yang maha gelap. Anak-anak Laskar Pelangi itu boleh punya cita-cita setinggi langit, tapi nasib jualah yang menentukan episode kehidupan mereka selanjutnya. Sang nasib bisa jadi adalah ketiadaan kepedulian pemerintah akan bibit-bibit unggul mutiara anak bangsa yang harus terhempas oleh himpitan ekonomi. Mereka adalah anak-anak harapan bangsa yang terpaksa harus tunduk oleh gilasan nasib yang semestinya bisa diupayakan oleh pemerintah yang punya amanah dan kuasa untuk memajukan pendidikan.

Lintang, sang jenius itu misalnya kini harus terpuruk jadi sopir tronton karena harus menjadi tulang punggung keluarga, menjadi pengganti ayahnya.  Tapi Lintang punya jawaban, ” jangan sedih Ikal, paling tidak aku telah memenuhi harapan ayahku agar tidak jadi nelayan….” Bagi Ikal, kata-kata itu semakin menghancurkan hatinya, ia marah, kecewa pada kenyataan begitu banyak anak pintar yang harus berhenti sekolah karena alasan ekonomi. Ia mengutuki orang-orang bodoh sok pintar yang menyombongkan diri, dan anak-anak orang kaya yang menyia-nyiakan kesempatan pendidikan.

Kekuatan novel ini terletak pada sentilan humaniora tentang pentingnya pendidikan sekolah dan sekaligus kuatnya moral agama. Novel ini wajib baca bagi generasi muda yang terlena dengan gelimang kemudahan ekonomi dan tak lagi kenal jerih payah untuk menggapai masa depan. Novel ini juga wajib baca bagi para pendidik, bagi pemerintah yang selalu alpa pada pentingnya pendidikan. Buah dari kealpaan itu diantaranya adalah, kini kita menjadi bangsa yang sering menjadi bahan olok-olok oleh bangsa lain, karena kita rajin mencetak manusia yang tak punya kualitas.

Kelemahan novel ini, menurut saya, hanya terletak pada cara mengakhiri cerita. Semestinya, novel ini sudah ditutup pada bab 33: Anarkonisme, yang menceritakan kejatuhan Babel (Bangka Belitung) yang dulu bergelimbang Timah. Bab 34: Gotik, menurut saya menjadi ekor cerita yang membingungkan. Karena penutur ”Aku” secara tiba-tiba menjadi orang lain, dan bukan lagi Ikal. Bab 34 ini menjadi sebuah kemubaziran. Sama persis seperti seorang pelukis yang seharusnya berhenti menguaskan catnya pada bidang lukis yang sudah sempurna, tapi kemudian menjadi berantakan karena sebuah goresan yang tidak perlu.

(Resensi ditulis oleh Hartono)

30 Responses to “Laskar Pelangi”


  1. 1 nug Monday, October 22, 2007 at 8:40 am

    sempat liat si ikal di kikc andy ngga ..? Dibading 2 novel lain dari tetralogi laskar pelani( Sang Pemimpi dan edenzor) yg satu ini paling menarik buat saya,… membaca buku ini terasa benar ‘jiwa’ novel ini adalah cinta seorang murid ke pada gurunya.
    Cerita soal Kejatuhan babel sepertinya (mungkin ..?) sengaja ditaruh untuk menjadi pengantar ke ‘Sang Pemimpi” dan “Edenzor” yang nuansa dan settingnya sudah lain, karena dalam penokohannya praktis meninggalkan laskar pelangi.

  2. 2 Alma Tuesday, October 23, 2007 at 1:12 am

    Hmmm…saya baru mulai baca bukunya..selama berbulan bulan hanya teronggok begitu saja di meja. Setelah lihat di Kick Andy, baru deh tersentil untuk buru-buru membacanya. Di Kick Andy waktu itu, Andrea Hirata sampai menangis ketika Ibu guru dalam tokoh itu datang ke studio.
    Can’t wait to finish the books.

    Salam

  3. 3 Farah Tuesday, October 23, 2007 at 1:14 am

    Hehehe…akhirnya dibaca juga yah Pak. Eh, sampe lupa, maaf lahir batin juga Pak. Sori kalau saya tidak sempat membuat referensinya seperti yang telah dijanjikan. Kurang waktu kontempelasi, hiks,hiks,hiks. Saya sarankan baca buku kedua-keempatnya : sang pemimpi, endensor dan maryam karpov…(terakhir, katanya akhir tahun ini akan keluar Pak).

    salam
    fay

  4. 4 arybowo Tuesday, November 20, 2007 at 6:14 am

    di indonesia hanya tiga penulis yang saya sukai…dan baca bukunya berulang ulang…

    pramoedya ananta toer
    andrea hirata
    habiburahman al shirazy

  5. 5 NAZIHA-sman42 Monday, March 17, 2008 at 4:48 pm

    bener bgT!
    dibanding kedua buku lainnya..LASKAR PELANGI yg paling ter’sisa’ di hati saya.bahkan dalam setiap pikiran saya.

    kalau EDENSOR..lebih ke ‘memacu’ saya untuk harus melebihi Ikal!
    =)

  6. 6 wi2t_Mini Thursday, March 27, 2008 at 1:41 pm

    belum baca sih…
    tp bener2 bikin penasaran. aplg seltelah nonton kick Andy,(katanya, best seller nasional yah?)
    skrg lagi ekspedisi nih, mencari noveL nya,,

  7. 7 minul Sunday, March 30, 2008 at 10:51 am

    benar-benar novel yang ruarr biasa. Menggunakan bahasa yang scientific tp tidak menggurui.

  8. 8 SILVI Friday, April 4, 2008 at 1:16 pm

    Kerren buanget!!
    Laskar Pelangi&Sang Pemimpi bikin hati miris.
    EDENSOR top bgt,dlm seminggu aku baca sampe 4 kali-abis itu br rela pinjamin ke tmn.
    Maryamah Karpov kpn terbit ya? Jd penasaran-gmn wanita dlm 1001 sudut pandang si ikal

  9. 9 Dita hsb SMP1 RATU Thursday, June 5, 2008 at 1:21 pm

    ASS….WR…WBR… pARA PeMbaCa lASKar pELangi baCa trus YACh…..koLEKSI NOVelnYA KEy………SalAM keNal d1T@ pengGEMAR BeRAT LasKAR PelangI KU daH BACA ne …10 ..kali GAk bosan…bOSAN LHo…cELAMAt baCA…

  10. 10 rizka Wednesday, June 11, 2008 at 4:48 pm

    tadinya aku kira ini novel berat,ternyata lucu n pastinya mengharukan banged…

  11. 11 sigit 4sma Saturday, August 30, 2008 at 11:03 am

    Thanx about your resension…………… This Novelis fantastic and i will remember it 4ever….

  12. 12 lanie Monday, September 8, 2008 at 4:39 pm

    aku kira novel ini hanya menarik pada judul saja tetapi setelah aku baca dan pahami ternyata mengandung makna dan arti yang sangat mendalam dalam kehidupan sehari-hari.novel ini telah memberikan semangat untuk menggapai angan yang kita inginkan sehinga sangat menarik untuk dibaca

  13. 13 ukie Monday, September 8, 2008 at 4:42 pm

    just number one!! aku sangat terkesan setelah membaca novel ini aku kira ini hanyalah sebuah cerita biasa namun setelah aku baca ternyata menganmdung arti dan makna yang kuat sekali.Buat tEMen2 SEMUa yangpatah SemaNgat BAcALAH novEL iNi DIjMIN KAMU Kan TermoTIVasi Lagi KEY>………..

  14. 14 biLLa_UNAS Tuesday, September 23, 2008 at 3:03 pm

    aNDREA emank paling Hebat…
    Salut buat Andrea..
    karya2nya yang selalu menginspirasikan saya untuk slalu bersyukur..
    setelah baca Laskar Pelangi,gak akan bosen untuk baca berulang-ulang..
    andrea,Salam yah buat Arai…

  15. 15 made_broken Monday, October 6, 2008 at 5:41 pm

    novelnya sangat bagus saya jadi tertarik untuk memilikinya .salam dari juliarta alias made broken

  16. 16 Yuzie_Arara Tuesday, October 7, 2008 at 2:34 pm

    Laskar Pelangi ” Is The Best” Q kagum banget ama novel satu ini, sudah beberapa kali aku membacanya tapi tetap ga ada perasaan bosan saat mengulang membacanya. Aku bisa mendapatkan Inspirasi dan pelajaran hidup dari novel itu. Salut deh ma Andrea Hitara. Mulai baca dan mainkan imajinasimu :)

  17. 17 Hana Nur Fauziah Wednesday, October 8, 2008 at 12:34 pm

    Mmm…sekali saya menonton laskar pelangi, luar biasa sekali. isi ceritanya sangat menarik.Dengan memberi kemajuan untuk anak-anak yang menonton.

  18. 18 Hana_SMPN14 Tangerang Wednesday, October 8, 2008 at 12:42 pm

    Sepatah kata yang saya ucap utk Andrea Hitara yaitu “Is The Best” dh… Kagum banget sama isi ceritanya. Kapan2 buat lagi ya… yang lebih menarik dari laskar pelangi ini.Oce…

  19. 19 Dahlan--urang Wednesday, October 15, 2008 at 10:40 pm

    tank’s bwt andrea hirata, bukunya sangat inspiratif

  20. 20 suka mencari kawan Thursday, October 16, 2008 at 4:11 pm

    kenapa cih..?!

    novel laskar pelangi bisa masuk bgt ke hati..!!
    aq sampai kagum deh..!!
    pokok_a ga da yg bisa tandingin deh..!!

  21. 21 RwieZkha Monday, October 20, 2008 at 4:08 pm

    AsKum.Bagi Pembaca n Penggagum Tetra Logi Di sarankan langsung santap abis buku ke-4nya,
    Nangis tahu gak………
    Pokok’e Uapik duehhhhh
    Apalagi ada film and lagunya lengkap sudah aku sukanya yang pas adegan di Novel Ikal jatuh cinta wah………Lucau deh???
    Pokoknya selancarkan GAM
    gERAKAN aYUUUK mEMBACA…
    Membaca aja dulu deh…Ntar maslah menulis bisa tanya Andrea Hitara,
    Juga baca tetraloginya Pramudya Ananta Toer dijamin nggak kalah serunya!!!!!!!!!!
    Get’s Ready!!and Happy Reading!!

  22. 22 d.a.c.i.l Tuesday, October 21, 2008 at 10:28 am

    noVvel yg KErreennnnnn abissSSSSSSSS

  23. 23 nafi' Tuesday, October 21, 2008 at 2:08 pm

    waduh…….aku nga tau novelnya hayo palagi mbacanya nonton filmnya aja antri buangget sampe kehabisan tiket, terus ada nga ya yang mo ceritain ke aku secara lengkap tak enteni yo ………

  24. 24 didi pramono Thursday, October 23, 2008 at 9:57 am

    bagus bgt.novel yg bz bkin gw senyum2 sndrian ky orang gila, bz bkin gw trsentuh…
    cerita yg bz bkin kita semua sadar bhwa kita patutnya bersyukur atas apa yg ada dalam diri kita. motivasi bagi kita jg, orang yg skolah dgn sgala kterbatasan saja bz sperti itu apalagi kita.
    kita harus bisa.

  25. 25 ce_naRzizT Sunday, November 2, 2008 at 8:34 pm

    eHm….

    seteLah LiaDt fiLmnYa,,

    buWaDh seLurUh buLu kuDuK meRindIng terHaRu..

    nyaMpe keLuaR biosKop masiH naNgis ^^

    baCa noVeLnya,, gaK pengeN kePTUs penGeN ngLanjUtiN tRus..

    chaYo iKaL!!!

  26. 26 icha Wednesday, November 5, 2008 at 7:35 pm

    ass,,, smua,,, ak ngfans bngt ma film laskar pelangi,,, terharu bngt de,, pko’a oke bngt

  27. 27 mutiara annisa_c'mutz Thursday, November 6, 2008 at 4:35 pm

    aQ pling g bisa baca novel..
    pi bis baca novel lasakr pelangi ma sang pemimpi..
    rasanya terharu banget, ada juga kelucuan2 yang d buat ma 10 anak laskar pelangi..
    aQ lgi mw coba baca edensor, moga ja sebagus laskar pelangi n sang pemimpi,,
    maryamah karpov juga blum keluar ni… >.<
    andrea hirata semangat ya!bikin best seller lagi..!!!

  28. 28 dina Sunday, May 3, 2009 at 2:15 pm

    sumpah gw,,,nangis abis nonton film laskarpelangi,,,,mengharukan bnget,,palgi tw bapaknya lintang meninggal, setelah ikt lomba cerdas cermat,,dan harus putus sekolah,,hanya karena g’ ada yang jagain adiknya,,,
    sedih bnget kan,,,hiks,,,hiks,,hiks,,,hiks

  29. 29 me Sunday, May 24, 2009 at 4:05 pm

    crta nha kren abizzzzzzzzzzz……………

  30. 30 agung Tuesday, June 16, 2009 at 7:23 pm

    keren abis…… w salut banged sama andrea w nonton laskar pelangi di bioskop 5 kali berturut-turut….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 189,023 Kunjungan

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

mm9

mm8

mm7

More Photos

Goodreads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,668 other followers

%d bloggers like this: