Misteri Otak Kanan Manusia

Sebulan yang lalu saya mengikuti sebuah kursus tentang “Creative Thinking Technique” di Jakarta. Pokok bahasannya adalah tentang pemecahan masalah secara kreatif, yaitu metode pemecahan masalah dengan cara memaksimalkan otak kanan kita. Kursus itu telah membantu saya untuk mampu melihat dan mencoba menyelesaikan berbagai persoalan secara lebih kreatif.

Dalam perjalanan Jakarta – Surabaya minggu lalu, saya tertarik untuk membeli sebuah buku yang berjudul “Misteri Otak Kanan Manusia”. Buku ini ditulis oleh Daniel H. Pink, seorang penulis best seller dari AS. Pada awalnya saya menduga buku ini akan me-refresh pemahaman saya tentang materi otak kanan yang pernah saya peroleh lewat kursus sebulan yang lalu. Nyatanya, buku ini memberi saya lebih dari yang saya harapkan. Buku ini sungguh luar biasa!

Buku ini mengupas soal misteri otak kanan manusia tidak dalam pengertian pembahasan neurology, atau seperti yang biasa dibahas dalam ruang-ruang kuliah. Tapi mengupas keajaiban otak kanan dalam kontek kehidupan masa kini, tentang bagaimana merespon perubahan dunia dengan menggunakan otak kanan kita.

Dunia masa depan telah memasuki sebuah era baru, meninggalkan era-era sebelumnya: pertanian – industri – informasi – dan kini memasuki era konseptual. Era pertanian mengandalkan otot, era industri mengandalkan otot dan otak, era informasi mengandalkan otak. Tapi era informasi semata-mata mengandalkan otak kiri, dan kini pergeseran terjadi ke arah otak kanan yang konseptual.

Mereka yang sanggup bertahan dan menang pada era mendatang adalah mereka yang mampu menggunakan otak kanan mereka. Otak kiri yang bertugas untuk berfikir logis, rasional, numerik, sistematis, matematis, akan mudah untuk digantikan dengan kecepatan dan ketepatan mesin-mesin komputer supercanggih. Sebagaimana dulu ketika era pertanian dan industri, tenaga manusia mudah digantikan dengan traktor atau mesin-mesin otomatis lainnya. Dalam buku ini diceritakan kisah John Henry, manusia superkuat yang diabadikan dalam perangko di AS, pada akhirnya bisa dikalahkan oleh sebuah mesin. Ini adalah awal kekalahan manusia yang mengandalkan otot. Pada cerita yang yang lain dikisahkan kekalahan Garry Kasparov, master catur dunia, melawan komputer super canggih.

Ada satu ruang dalam diri manusia yang tak tergantikan oleh mesin atau komputer, yaitu kreativitas dan emosi. Mereka yang mampu mengoptimalkan kreativitas dan emosilah yang akan mampu bertahan dan menguasai dunia pada era konseptual. Dalam bahasa Daniel H. Pink, adalah mereka yang memiliki kemampuan high concept dan high touch. High concept mencakup kemampuan untuk menciptakan keindahan artistik dan emosional, untuk mendeteksi pola-pola dan peluang-peluang, menyusun kisah yang memuaskan, dan menggabungkan ide-ide yang tidak berhubungan ke dalam satu penemuan baru. High touch mencakup kemampuan untuk memberikan simpati, memahami seluk beluk interaksi manusia, mendapatkan kesenangan dalam diri seseorang dan memberikannya pada orang lain, dan melewati kehidupan sehari-hari dalam mencari tujuan dan makna.

Pada era konseptual, manusia perlu melengkapi penalaran yang diarahkan kepada otak kiri dengan menguasai enam kecerdasan yang diarahkan pada otak kanan. Keenam kecerdasan (the six senses) itu adalah desain, cerita, simponi, empati, permainan dan makna. Saya tidak akan meriew satu persatu dari keenam kecerdasan itu di sini, karena itu akan merusak pemahaman yang seharusnya anda peroleh secara utuh dengan membaca buku luar biasa ini.

Terkait dengan otak kiri dan kanan (the left and the right), saya sungguh tidak berharap anda masuk dalam golongan orang dengan predikat seperti ini, “The left is nothing right. The right is nothing left.” Jika demikian halnya, anda telah tamat sebagai manusia!

(Resensi ditulis oleh Hartono)

About these ads

20 Responses to “Misteri Otak Kanan Manusia”


  1. 1 Dendy Monday, May 12, 2008 at 9:50 am

    Dengan menggunakan otak kanan ini pulalah , orang terkaya no.3 dunia taon 2008 versi majalah Forbes – Bill Gates, telah mampu “menaklukan” dunia dengan ilmu pengetahuan dan daya imaji yang besar.

    Kembali ke sekitar taon 1979, saat dimana salah satu impian Bill Gates yaitu setiap rumah mempunyai Sistem Operasi Komputer yang user friendly dengan bentuk GUI (Grafik User Interface). Seperti di ketahui bahwa Bill Gates bukanlah Sarjana (dia keluar dari Harvard) dan berusaha mewujudkan impiannya dimana pada saat itu para programmer ternama dan perusahaan besar seperti IBM dan Macintosh menertawakan konsep yang ditawarkan oleh Bill Gates (pada saat itu, konsep userfriendly dan OOP : Object Oriented Programming yang ditawarkan Bill Gates adalah konsep yang ga masuk akal )

    Namun lihatlah kini, IBM pun sampe “bertekuk lutut” pada kekuasaan Bill Gates lewat Microsoft-nya. Bill Gates telah mampu memadukan otak kiri dengan otak kanan sehingga dia pun sukses dalam bisnisnya.

  2. 2 Budhsi Tuesday, May 13, 2008 at 4:14 pm

    Hi,

    Menambahkan saja…karena buku ini langsung menjadi inspirasi kami di
    INSPIRIT begitu terbit. Judul aslinya adalah “A Whole New Mind” – dengan tekanan bahwa mendorong aktifnya otak kanan adalah supaya ada keseimbangan yang utuh antara pemanfaatan otak kanan dan kiri. Pendekatan inipun yang kami gunakan di INSPIRIT dalam pengenalan konsep vibrant communication, facilitation, dan training.

    Terjemahan ke dalam bahasa Indonesia yang pertama saya lihat mengambil judul yang sama, dengan tampilan yang hampir sama dengan buku aslinya. Terjemahan oleh penerbit yang lain, yang menjadi “Misteri Otak Kanan Manusia” (cover coklat ya kalau ngga
    salah?) sangat beda tampilan covernya, dan kelihatannya juga tidak se dahsyat terjemahan buku yg bercover oranye. Bagi saya sendiri, menarik bagaimana tampilanpun bisa menunjukkan apakah condong ke otak kiri atau ke otak kanan (lebih berwarna).

    Sayangnya, buku yg bercover oranye tidak kelihatan lagi di Gramedia.

    INSPIRIT sendiri berencana mengembangkan dan membuka Ruang Baca dalam waktu dekat. Mudah-mudahan bisa kami isi dengan buku-buku inspiratif lainnya seperti yang sering diceritakan oleh Hartono!

    Salam vibrant,
    budhsi

  3. 3 AnGgun Monday, June 9, 2008 at 3:40 pm

    BANYAK…………
    banyak sekali yang dapat kita dpt dari pemenfaatan otak kanan,
    Penglaman ini saya peroleh saat saya bertamu kerumah seorang teman yang memiliki nasihat yang luar biasa

  4. 5 Ahmad Dahlan Monday, January 12, 2009 at 3:25 pm

    saya telah membeli buku tersebut di atas, namun cara membacanya kadang-kadang saja.

  5. 6 adi Wednesday, February 4, 2009 at 2:25 pm

    1.sangat menarik
    2.wah
    3.terkesan
    4.bukti?
    5.langkah?
    6.cara? suatu argument yang sangat menarik, akan lebih menarik lagi jika dibubuhi dengan langkah kerja pemaksimalannya…so thanks but?

  6. 7 abirul Friday, February 20, 2009 at 9:19 pm

    bagaimana cara memaksimalkan otak kanan?apakah sering berkhayalpun bisa membangkitkan otak kanan?

  7. 9 Aska Monday, May 11, 2009 at 8:46 am

    Buku yang bagus. Layak dibaca. Memunculkan kesadaran baru.
    Yang saya beli terbitan Diva Press Online.

  8. 10 raja baharuddin,S.Pd.I Tuesday, July 7, 2009 at 9:47 pm

    aku pengen tahu tentang aktivitas apa saja yang dilakukan untuk mengoptimalkan otak kanan?

  9. 11 afipudin Tuesday, July 14, 2009 at 1:19 pm

    q tertarik ma buku ini, tp q pgen tau kira2 buku ini dterbitkan pertama kali thn brapa? n kira2 klo beli dtoko buku spt gramedia, kharisma atau uranus apakah masih tersedia skg ? . . . thanks

  10. 12 Bharata Jaya Monday, January 18, 2010 at 1:42 pm

    Mudah-mudahan orang-orang Indonesia & lainnya mau selalu belajar, diantaranya bagaimana memaksimalkan potensi diri dengan mengembangkan otak kanan, dan sekarang sudah ada lagi tentang otak tengah yang kedahsyatannya tidak kalah dengan otak kanan. Mari maju, maju & maju.

  11. 13 mishbah@peluangbisnis Wednesday, January 27, 2010 at 2:39 pm

    otak kanan misteri dunia,berkekuatan dahsyat,ngefek dlm perubahan diri.Genggam dunia dgn eksplorasi otak kanan.

  12. 14 renaldi Friday, May 21, 2010 at 11:44 pm

    kemarin sempet lihat sieh bukunya tapi lum sempet beli ??? tar kalo ngeliat lagi langsung beli ah kayanya ok juga tuh !!!

  13. 15 ratih komara Saturday, July 17, 2010 at 1:13 pm

    penginn banged biza menguak tentang misteri otak kana, karna selama ini akku selalu berpikir keras dengan menggunakan otak kiri akku , dan mungkin itu membuat kepalaku pusing , semoga akkuuu biza cepat mengerti tentang buku yang disebutkan diatas .

  14. 16 Auwalyin Thursday, January 6, 2011 at 10:47 am

    Penasaran Banget Dengan Misteri Otak Kanan. Pengen Skali Baca tapi dimana…??

  15. 17 iful Tuesday, October 11, 2011 at 11:42 am

    iful

    q msih pnasaran ada apa di belakang otak kanan kita ………………..hiiiii takutt

  16. 18 Percepatan Rezeki Ala Otak KANAN Thursday, October 13, 2011 at 1:51 pm

    Bagaimana…
    - mengasah otak kanan, kreativitas, imajinasi, dan intuisi
    - mengambil keputusan 1.000 kali lebih cepat, dengan otak kanan
    - mengendalikan Law of Attraction dan nasib, dengan otak kanan
    - melipatgandakan pengaruh dan go national 10 tahun lebih awal
    - menjual lebih banyak, lebih cepat, dan lebih mahal
    - memahami 19 amal yang melipatgandakan rezeki
    - menguasai pintu-pintu rezeki, dengan otak kanan

    Penasaran..?? silahkan intip previewnya disini! Semoga bermanfaat…

  17. 19 Erisca Dian Aprillia Friday, November 4, 2011 at 11:10 pm

    aku da membuktikan pakai otak kanan.benar kata bpk wim.

  18. 20 Erisca Dian Aprillia Friday, November 4, 2011 at 11:21 pm

    ma.af.nama website diatas punya anak saya,saya bp redian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 189,254 Kunjungan

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

mm9

mm8

mm7

More Photos

Goodreads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,668 other followers

%d bloggers like this: