Sunan Kalijaga

Adakah mahluk di dunia ini yang tidak ingin tahu kodratnya? Siapakah dirinya? Sebagai apa eksistensi dirinya di dunia ini? Jawabnya hanya satu “Semua orang pasti ingin tahu siapa dirinya dan bagaimana mewujudkan kodratnya”.

 

Pada saat saya cuti kelahiran anak ke-2 saya bulan Oktober lalu, saya diberi sebuah buku oleh Bapak saya yang berjudul Mistik dan Makrifat Sunan Kalijaga”, saya yakin buku yang ditulis oleh Achmad Chodjim terbitan Serambi ini pasti punya nilai lebih, karena jarang-jarang Bapak saya merekomendasi sebuah buku apabila tidak  bagus. Dan ternyata benar dalam buku ini kita akan diajak untuk memahami hakikat hidup yang dimulai dari syariat sebelum mencapai makrifat atau pencapaian “Diri Sejati” itu sendiri. Pada awal isi buku ini kita akan diajak untuk memahami kandungan arti dan penghayatan sebuah doa, kita akan diajak menyelam ke dalam makna dan hakikat dari doa itu.

 

Buku ini mengupas sebuah doa “Rumeksa ing Wengi” peninggalan Sunan Kalijaga salah satu wali fenomenal di tanah jawa , meskipun doa tersebut ditulis dalam bahasa jawa dan cara membacanya dengan dikidungkan dengan dhandanggulo, pembaca akan memahami artinya karena si penulis telah menterjemahkannya dalam Bahasa Indonesia.

 

Mengapa harus dikidungkan? Itulah pertanyaan yang timbul dalam pikiran saya waktu membaca buku ini. Setelah membacanya, saya tahu bahwa dengan kidung kita akan lebih hanyut, menerawang tinggi, bahkan kita lupa bahwa saat ini kita sedang duduk membaca doa. Hati kita akan makin tenang, sunyi. Hanya terdengar lantunan doa dan degup jantung kita yang makin halus, sehingga kita benar-benar akan menghayati lantunan doa “Rumeksa ing Wengi” cipataan Sunan Kalijaga ini.  

 

Dengan membaca buku ini saya makin mengerti mangapa kalau membaca Al Qur’an ada iramanya, dan kalau wirid selalu berirama karena dari lantunan irama atau kidung akan membuat hati tenang dan pikiran  jernih, sehingga doa yang dipanjatkan terkonsentrasi, daya dari pengucapan doa bangkit. Dan doa akan menjadi nyata. Coba kaitkan dengan tembang yang gampang kita ingat liriknya. Buktinya kita akan lebih mudah menghayati sebuah lagu yang kita nyayikan, bandingkan kalo kita hanya membaca liriknya tanpa memberi nada.

 

Buku ini juga mengulas ajaran Sunan Kalijaga mengenai kodrat diri manusia. Kita akan diajak menjelajahi setiap perjalan yang manusia lalui, mulai dari asal usul Dzat pembentuk kelahiran manusia dan eksistensi dari Sedulur papat kalima pancer yang sejak dari janin hingga sekarang tetap menjaga kita hingga kembali ke sang khalik nantinya, bagaimana manusia menerima dan “meneken” kodratnya, penyempurnaan hidup hingga bisa menyatu dengan sang diri sejati, bagaimana siklus hidup-matinya manusia.

 

Achmad Chodjim juga menjelaskan salah satu cara tarekat yang dilakukan Sunan Kalijaga untuk dapat manunggal dengan Tuhan YME yaitu dengan meditasi semedi. Dijelaskan dengan meditasi manusia dapat menyatukan diri dengan Tuhan.  Manunggaling kawula lan Gusti, dengan semedi manusia bisa men-defragmenting pikirannya sehingga dapat menyatukan perasaan, pikiran dan nafas dalam berzikir, puncak dari penyatuan ini adala ketenangan jiwa, tentramnya kalbu. Perasaan dan pikiran dikembalikan kepada Allah dan diiringi dengan perhatian terhadap nafas, menurut ajaran Sunan Kalijaga dalam buku ini nafas adalah kunci dari bersemedi karena nafas adalah wahana bagi Sang Permana untuk mengunjungi setiap sel tubuh manusia.

 

Disamping perkara di atas dengan membaca buku ini kita akan diajak untuk menjelajahi alam mistik dan makrifat Sunan Kalijaga. Di samping itu kita juga akan mengerti tentang wasilah, selamatan, reinkarnasi, dan ihwal lain yang tak kalah kontroversinya.

 

Yang mengasyikkan dari buku ini adalah kita akan selalu diajak untuk  lebih ingin tahu hal-hal “berat” itu. Acmad Chodjim dengan bahasanya yang ringan, komunikatif dengan bukti-bukti, bahkan kadang dengan membaca buku ini kita seperti diajak mengobrol saja.

 

Resensi ditulis oleh Parama Wisnu Putra.

About these ads

12 Responses to “Sunan Kalijaga”


  1. 1 sahono Monday, January 19, 2009 at 3:12 pm

    mohon dikirim doa-doa sunan kalijaga terima kasih

  2. 2 ABAHGANDRUNG Thursday, January 22, 2009 at 4:24 pm

    saya baca tapi rada mumet, karena istilah2 yang asing dan bahsa jawa yang tidak saya kuasai, lebih bagus buku membangun surga nya ach chodjim. lebih mengalir .. disana ada ajaran tumimbal lahir

  3. 3 uthie Saturday, February 28, 2009 at 2:24 pm

    hmmnnn….bakalan lebih dahsyaat lagi klo ikutan training Mission n caracer building nya ESQ..smua tentang sunan kalijaga bakalan di kupas d training ini…bagaimana menetapkan misi dan visi hidup

  4. 4 samsul... Thursday, October 15, 2009 at 3:20 pm

    ya allah ampunilah dosa-dosa ke dua orang tua hamba dan ampunilah ke dua kakak hamba cuma mereka keluarga hamba dan berilah ke dua orang angkat hamba panjang umur dan berilah kami baroka. aku tau kiamat mu mau datang jadikan semua orang yang telah membantu hamba jadikan mereka ahli sugamu ya ALLAH

  5. 5 budiono Sunday, January 24, 2010 at 4:54 pm

    mohon kitimkan buku kitab peninggalan dunan kalijga

  6. 6 ery yulianto Wednesday, January 27, 2010 at 1:08 am

    sopo seng ngerti wirid e Kanjeng Sunan Kali Jaga? wirid yang beliau jalankan ketika dalam keadaan “terdesak”..

  7. 7 rian Saturday, July 10, 2010 at 3:21 am

    tolong saya di kirimi Wirid sunan kalijogo

  8. 8 rerethea Friday, August 19, 2011 at 5:26 am

    tolong dikirim wirid nya bwt saya .. makasih

  9. 9 man Saturday, December 3, 2011 at 10:04 pm

    kirimin wirid sunn kli jga

  10. 11 mulyadi Tuesday, April 17, 2012 at 7:00 pm

    makasih kalu mau d kirim kumpulan wirid kanjeng sunan

  11. 12 Budiarto Friday, August 3, 2012 at 9:10 pm

    Aslm Wr Wb..saya cari buku Mistik dan Makrifat Sunan Kalijaga” koq sudah ngga ada ya…ada yang tahu ifonya di mana saya dpt memperoleh buku tsb?? hub saya ….di budibluekarmabali@gmail.com..terima kasih Waslm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 188,970 Kunjungan

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

mm9

mm8

mm7

More Photos

Goodreads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,668 other followers

%d bloggers like this: