Mengungkap Berita Besar dalam Kitab Suci

KiamatBuku yang diberi judul ”Mengungkap Berita Besar Dalam Kitab Suci” ini bicara tentang kiamat. Buku setebal 446 halaman ini adalah terjemahan karya Abdul Wahab Abdussalam Thawilah. Buku yang menggetarkan untuk para pecinta dunia, sebaliknya mencerahkan untuk mereka yang rindu bertemu dengan Sang Khalik. Gambar sampul depan cukup provokatif dengan gambar malaikat pencabut nyawa dengan latar belakang mata Dajjal. Diterbitakan oleh Penerbit Tiga Serangkai, dan masuk dalam kelompok studi Islam. Secara garis besar, bagian buku ini terbagi dalam 3 bab besar: tanda-tanda kecil (shugra), tanda-tanda besar (kubra) , dan hari kiamat.

Membaca buku ini, untuk sementara orang akan berkomentar, ”ah, kiamat khan masih jauh, ngapain dipikirin.” Sama halnya dengan  ungkapan, ”tenang, belanda masih jauh.” Kapan waktu datangnya kiamat memang tiada seorangpun yang tahu. Dalam satu riwayat Umar r.a. berkata, ”Tatkala kami sedang duduk-duduk di sisi Rasulullah saw., tiba-tiba datang kepada kami seorang lelaki amat putih, sedangkan rambutnya hitam pekat, lalu berkata, ”beritahukanlah aku tentang hari kiamat?” Beliau menjawab, ”Tidaklah yang ditanya lebih tahu dari yang bertanya?” Selanjutnya Rasulullah hanya bisa memberikan tanda-tanda datangnya kiamat.

Jika ditinjau dari tanda-tanda kecil, tanda-tanda besar yang mengawalinya, tampaknya kiamat memang masih perlu sekian ratus tahun lagi.  Kita yang membaca buku ini kemungkinan besar memang tidak sempat menyaksikan runtuhnya dunia. Tapi, minimal setiap dari kita akan menjumpai kiamat kecil: kematian kita sendiri!

Menarik untuk mengamati di sekitar kita beberapa tanda-tanda kecil kiamat yang sudah diramalkan oleh kitab suci. Beberapa tanda kecil yang sudah terjadi diantaranya adalah: pengutusan Muhammad saw dan wafatnya, penakhlukan Baitul Makdis, Kematian kaum muslim secara serentak, harta melimpah dan keengganan menerima sedekah, munculnya fitnah dan peperangan umat Islam, dll.

Tanda-tanda kecil yang sekarang sedang berlangsung antara lain: munculnya nabi palsu (dikatakan ada 30 nabi palsu, termasuk 4 orang diantaranya adalah perempuan), orang miskin arab berlomba meninggikan rumah (bermewah-mewah), kemaksiatan meraja lela,  zina, penyelewengan amanat, dll. Dari beberapa tanda-tanda kecil yang sedang berlangsung itu, Muhammad saw pernah bersabda, menurut Ali r.a. ”Jika umatku telah melakukan lima belas perkara, akan muncul malapetaka.”  Dari kelima belas perkara itu, yang mengejutkan bagi saya adalah perkara nomor (12) yaitu lelaki memakai sutra.  Jadi selama ini kalau saya pergi ke hajatan memakai baju batik berbahan sutra, itu sebenarnya sudah mulai mempertegas bahwa kiamat sudah dekat. Tanda-tanda lain yang cukup membuat saya kaget adalah seperti yang dituturkan dari Ibnu Mas’ud r.a., Rasulullah bersabda, ”Tanda-tanda hari kiamat, antara lain mulai maraknya kegiatan menulis.”  Lho?!. Penjelasannya kemudian adalah bahwa hal ini bukannya mencela kegiatan menulis, tetapi mencela sesuatu yang tidak bermanfaat atau menulis untuk tujuan menyombongkan diri.

Sedangkan tanda-tanda besar (kubra) diantaranya adalah: munculnya Dajjal, kembalinya Isa Bin Maryam, keluarnya Yakjuj dan Makjuj, matahari terbit dari barat, keluarnya hewan melata dari bumi, kabut hitam, lenyapnya Al-Quran, angin lembut, hancurnya Kakbah, tiga kali gempa, dan api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar.

Buku ini secara lengkap menganalisis dan menjawab anggapan-anggapan kitab suci dari semua agama samawi tentang waktu berakhirnya alam semesta. Selain itu, dijelaskan pula kesepakatan kaum muslimin dan nasrani bahwa Al-Masih yang ditunggu-tunggu adalah Isa putra Maryam, tetapi berbeda pendapat tentang waktu dan caranya turun.

Meminjam istilah tenses dalam grammer bahasa Inggris, maka soal kiamat dapat dimasukkan dalam kelompok future perfect tense: The end of the day will have … Dia  pasti akan terjadi. Tapi entah kapan… Wallahualam.

(Resensi ditulis oleh Hartono)

0 Responses to “Mengungkap Berita Besar dalam Kitab Suci”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 262,630 Kunjungan

Halal atau Haramkah kerja di kapal pesiar?

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

raja 16

Raja Amoat 14

Pasir timbul, Raja Ampat 1

More Photos

Goodreads


%d bloggers like this: