The Naked Traveller

thenakedtraveller-1Buku seru bersampul biru itu langsung menohok mata, di antara deretan buku-buku yang lain. The Naked-Traveller, hmm …judul yang provokatif. Ditulis oleh orang yang mengaku sebagai Trinity. Dua hal yang segera mengundang rasa penasaran, sebelum benar-benar membaca isinya.

Buku ini tampaknya lumayan laris, terbukti sampai bulan November 2008 merupakan edisi yang kedelapan. Menurut cerita, buku ini awalnya muncul secara on line di dunia maya dengan judul yang sama. Blog hits yang diraih dari tulisan ini lumayan besar, alias banyak pengunjung yang mengakses dan memberi komentar pada tulisan ini. Dari segi bisnis, itu sudah menjadi pertanda bahwa tulisan itu diminati pembaca. Alhasil, diterbitkan oleh C Publishing, masih satu payung dengan Bentang.

Sebagai sebuah bacaan ringan, buku ini benar-benar menarik dan enak diikuti. Ada kejujuran, kepolosan, dan humor yang segar di sana. Sekaligus orang bisa mendapat sesuatu, berupa tips dan trik untuk bebergian. Trinity sudah menjelajahi 33 negara dan hampir semua tempat di Indonesia. Dia menyebut dirinya bukan orang tajir yang banyak uang untuk keliling dunia. Semua itu dia raih dengan cara menabung dan bepergian dengan cara backpacking.

Cara membaca buku ini tidak harus dari depan. Bisa langsung loncat ke bagian yang kita sukai. Buku ini memang tidak dirancang secara kronologis. Pengelompokkan tulisan bukan didasarkan pada periode waktu, tapi pada kumpulan tema: Airport, Alat transportasi, Life Sucks, Sok Beranalisa, Tips, Sok Beranalisa, Adrenaline, Ups. Tulisan terasa mengalir dan lincah, khas gaya anak muda dan backpacker beneran. Latar belakang penulis yang memang sudah suka menulis sejak kecil, plus kuliah di Jurusan Komunikasi Undip, barangkali menjadi faktor suksesnya dalam menulis dan menjadikan buku itu enak dibaca.

Buku ini sekaligus bisa menjadi penyemangat bagi siapapun untuk segera beranjak mengambil kertas dan pena, atau tuts komputer, untuk menuliskan apapun pengalaman kita yang dianggap menarik dan unik. Biarkan orang lain ikut serta menikmati jelajah pikiran dan kembara hatimu!

Resensi ditulis oleh Hartono

0 Responses to “The Naked Traveller”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 262,630 Kunjungan

Halal atau Haramkah kerja di kapal pesiar?

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

raja 16

Raja Amoat 14

Pasir timbul, Raja Ampat 1

More Photos

Goodreads


%d bloggers like this: