SAMURAI SEJATI

Mengkaitkan aspek manajemen dan pengembangan diri dengan ajaran-ajaran klasik memang mengasyikkan, sambil membayangkan suasana klasik masa lalu dengan seting dunia modern saat ini. Metode ilustrasi ini memudahkan orang untuk belajar manajemen maupun pengembangan diri tanpa harus mengeryitkan dahi. Seperti orang membaca dongeng dan mendapat pembelajaran dari sana.

Buku ”Jurus Menang Dalam Karir Dan Hidup Ala Samurai Sejati,” oleh Risfan Munir (Gramedia – 2009) mencoba mengupas aspek manajemen dan pengembangan diri dengan belajar dari nilai-nilai kehidupan Miyamoto Musashi dan Toyotomi Hideyoshi. Kedua tokoh samurai legendaris ini dijadikan icon atau benang merah dalam buku ini. Namun janji itu bisa membuat orang kecewa karena penggalan pengalaman mereka berdua hanya disinggung sedikit di antara contoh-contoh yang lain. Tapi menurut saya justru di sinilah seninya. Kita harus mulai belajar untuk siap dengan segala kondisi, tidak kecewa dengan harapan yang telah kita seting sebelumnya. Belajar kepada siapapun, di manapun, tidak akan pernah mengurangi esensi dari belajar itu sendiri. Juga tidak menjadi persoalan apakah harus berkiblat pada tokoh bangsa Jepang atau belajar dari tokoh yang lahir dari Indonesia. Yang lebih penting adalah esensi belajarnya itu sendiri. Saya pribadi justru lebih kena dengan kata mutiara dari Sutan Takdir Alisyahbana, yang dikutip dalam buku ini ”Tidak, bagiku tidak ada kalah dan menang! Sebab sudah kuputuskan, bahwa kemenangan sudah pasti untukku saja. Kalah tinggal pada mereka yang lain:Yang mengeluh bila terjatuh, Yang menangis bila teriris, yang berjalan berputar-putar  dalam belantara.”

Buku ini terbagi dalam tiga bagian besar: Mindset Pemenang, Strategi Menang-menang, dan Kemenangan Sejati. Dalam setiap bagian diuraikan lagi beberapa  kiat tentang bagaimana pendekatan, sikap berfikir, psikologi dan permainan pikiran atau teknik berfikir yang dapat digunakan sehari-hari. Tiap kiat diberi panduan yang dapat dipraktekkan secara langsung. Pada bagian akhirnya selalu ada ringkasan untuk memudahkan pembaca membaca cepat atau mengulangnya. Sebagai lampiran, dibahas pula teknik olah pikir berbasis Neuro Linguistic Programming (NLP). Kenyang sudah membaca buku ini.

Untuk akses lebih lanjut tentang buku maupun penulis buku ini, klik: www.samuraisejati.blogspot.com

Review buku oleh Hartono – Pengasuh www.rumahbaca.wordpress.com

1 Response to “SAMURAI SEJATI”


  1. 1 Soetopo Wednesday, October 13, 2010 at 9:49 am

    Buku ini menjadi pembelajaran hidup yang luar biasa. Pengembangan dan pematangan diri merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan. Seperti apa impina pribadi ke depan itu penting, lebih penting lagi adalah mempersiapkan diri secara cerdas dan matang untuk meraih mimpi pribadi yang didambakan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 262,340 Kunjungan

Halal atau Haramkah kerja di kapal pesiar?

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

raja 16

Raja Amoat 14

Pasir timbul, Raja Ampat 1

More Photos

Goodreads


%d bloggers like this: