MANTRA

Para penggemar seni sulap pasti mengenal sosok unik  Dedy Corbuzier. Namanya menjadi semakin dikenal luas mulai dari anak-anak hingga orang tua, semenjak acara “The Master,” di RCTI menjadi tontonan favorit beberapa waktu lalu. Acara ini melahirkan master magician baru seperti Joe Sandy, Limbad, dan Ryzuki. “The Master” juga menjadi hadiah mewah bagi Mr Tarno yang dinobatkan sebagai tokoh yang setia dengan seni sulap klasik.

Buku yang baru saja saya baca dalam hitungan jam ini (kurang dari 2 jam), menggenapi kekaguman saya pada seni sulap. Namun perlu segera dicatat bahwa buku “Mantra” sama sekali tidak mengajarkan ilmu sulap. Ini adalah buku psikologi terapan yang sangat dekat dengan ilmu komunikasi. Ternyata seni sulap  memiliki akar dengan ilmu psikologi, terutama dalam hal cara memanipulasi pikiran manusia.

Melalui “Mantra” Dedy Corbuzier mengajak pembaca untuk belajar ilmu komunikasi ini. Dari sana kita akan memiliki ketrampilan mempengaruhi pikiran orang lain, tentu untuk tujuan baik saja. Ini bukan ilmu hipnotis, tapi berupa dasar-dasar cara kerja pikiran yang diaplikasikan melalui bahasa lisan maupun bahasa tubuh. Cara  kerja pikiran inilah yang dapat kita manipulasi sesuai keinginan. Bisa untuk tujuan merubah keyakinan, atau kepercayaan orang lain. Cara kerja otak ini pula, yang sering dimanfaatkan oleh media iklan dalam memasarkan produknya. Kalau mau sedikit jeli, tag line pada acara “The Master” adalah “mencari bintang tanpa mantra….” Kata mantra yang diselipkan di belakang tag line itu, dan selalu diucapkan berulang-ulang oleh pembawa acara memiliki maksud tersembunyi agar orang familiar dengan kata itu, dan itu juga ada hubungannya dengan buku “Mantra” itu sendiri.

Buku yang ditulis Dedy Corbuzier ini memang lumayan tipis, itupun masih ditempeli dengan lampiran beberapa cerita lain yang tak saling berhubungan.  Namun lampiran cerita yang disuguhkan cukup menarik seperti cerpen, kisah pribadi Dedy Corbuzier dan dialog imajiner dengan tokoh alien, Merlin,  di rumah Dedy Corbuzier. Dialog imajiner dengan Merlin dapat menjadi jembatan mengenal pemikiran Dedy Corbuzier soal keyakinan, agama, kerja keras, komitmen, keluarga, dll.

Dedy Corbuzier memang bukan penulis buku, sehingga tulisan yang dihasilkan masih kurang kuat mengajak pembaca ikut perfikir dan berdialog dengan bukunya. Kekuatan buku itu semata-mata terletak pada sosok Dedy Corbuzier sendiri sebagai mentalis terkemuka di Indonesia. Buku berikutnya yang juga sempat saya baca adalah “The book of Magic.”  Ini adalah kumpulan trik sulap dari para alumni sekolah sulap Pentagram yang didirikan Dedy Corbuzier. Di sana kita juga mendapatkan do’s and dont’s sebelum seseorang mempraktekan ilmu sulap. Kedua buku itu saya maskudkan untuk melengkapi kompetensi saya sebagai seorang fasilitator pengembangan masyarakat, di mana sulap dapat dipinjam untuk memperkuat sebuah pesan atau gagasan agar mudah dimengerti dan tertanam kuat di kepala dan hati.

Sebenarnya saya agak enggan untuk menuliskan review kedua buku Dedy Corbuzier ini, karena sulap itu mengandung misteri. Semakin sedikit orang mengetahui misteri atau rahasia sulap, semakin dahsyat efek kekaguman orang pada seni ini. Ketika sebuah rahasia sulap diobral, maka kemisteriusannya akan hilang, dan orang akan melihatnya sebagai sesuatu yang biasa.

Sebangun dengan kehidupan itu sendiri, semakin kita berupaya keras membongkar rahasia masa depan melalui ramalan, maka kehidupan yang dijalani akan terasa hambar.  Setiap detik misteri yang ada di depan kita terasa indah ketika kita melewatinya dengan sabar dan bersyukur.

Review buku ditulis oleh Hartono

13 Responses to “MANTRA”


  1. 1 Service Delivery Wednesday, May 5, 2010 at 10:09 am

    Buku yang menarik. Niat Dedy untuk membuka kisah dibalik (rahasia) sulap layak dihargai. Dia termasuk orang yang punya visi, mengembangkan satu bidang yang sebelumnya di nusantara dipandang aneh. (Risfan M)

  2. 4 birth63 Saturday, July 31, 2010 at 12:10 pm

    Salam untuk pembaca buku tipis “Mantra” yang di tulis oleh dey corbuzier salah satu pesulap Nasiponal kita…yang terbaik di abad ini. Mantra adalah kata-kata yang mirip doa-doa/jampi jampi….entahlah bagaimana kiatDedy untuk bukunya tersebut…..yang dalam uji psikotes lab Psikologi Mantra Berhubungan dengan persoalan yang MENJURUS KEDUNIA psikologi-atau pun ilmu kejiwaan yang kita kenal seperti theori-theori ilmu kejiwaan yang di anut atau di bawa oleh Bapak Ilmu Psikologi SIGMUND FREUD..demikian kemungkinan untuk dapat mengungkap misteri alam magis serta daya supra natural seperti yang digunakan oleh Limbad…akan tetapi benarkah semua itu? anda masih percaya dengan Kata-kata Mantra, jampi-jampi, silahkan tambah wawasan dengan buku mantra Dedy corbuzier itu,,,tentunya buku tersebut adalah idealisme daripada keinginan untuk membuat sulap memjadi lebih berdaya magis yang sesungguhnya …tapi mungkinkah hal itu dapat di capai? The Real Words of magical..yang pasti satu ini berkaitan dengan alam Mistik saja… oke sekian koment saya, terima kasih untuk pemilik situs web ini.Sekian

  3. 6 ifuloch Sunday, October 3, 2010 at 12:23 pm

    Ajarin saya ilmu sulap tanpa sihir atau mantra dong..

  4. 7 SHANDRA RIZKI AULIA Wednesday, November 3, 2010 at 1:08 pm

    APSH MANTRA SULAP UNTUK MENUKAR BARANG

  5. 8 puthra angel Sunday, January 16, 2011 at 8:01 pm

    ajarin donk qu mantra sulap….
    al.a sulap adalah cita” qu…..
    vi lom dc 1 pun mantra qu kuasai……

  6. 9 Herry charlie Wednesday, December 4, 2013 at 5:30 am

    kak dedi mau dk ajarin saya mantra sulap yang bisa mengerakan benda sedikit saja

  7. 10 zaidan Monday, September 1, 2014 at 2:37 pm

    Ajarin aku dong om dedi

  8. 12 verani Sunday, October 18, 2015 at 12:49 pm

    woow bagus ya.oh iya gak ada mantra yang sungguhan ya?,oh aku lupa siapa yang mau teman aku ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 262,340 Kunjungan

Halal atau Haramkah kerja di kapal pesiar?

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

raja 16

Raja Amoat 14

Pasir timbul, Raja Ampat 1

More Photos

Goodreads


%d bloggers like this: