Nge-Blog: Terbang Tinggi Ke Angkasa

Saya mengenal Nonadita  pada saat saya diundang menjadi nara sumber bersama  Elok Dyah Messwati di Obrolan Langsat  dengan tema ”Banyak Cara Menuju Travelling.”

Setelah membaca bukunya, yang berjudul ”Gratis! Keliling Indonesia & Belajar di Luar Negeri karena Blog,” (B first: 2010) saya baru sadar bahwa ternyata kami berdua berangkat dari pengalaman yang kurang lebih sama. Nonadita mampu berkeliling Indonesia dan mendapat kesempatan bea siswa ke Amerika Serikat berkat konsistensinya dalam menggeluti blog. Konsistensi Nonadita yang dimulai tahun 2004 itu membuahkan berkah untuk menembus berbagai petualangan yang tiada batas. Ibarat kata, mampu membawanya terbang tinggi ke angkasa!

Buku Nonadita itu seakan memberi landasan teori tentang apa yang saya lakukan selama ini dalam soal nge-blog. Saya sendiri mulai mengenal blog sejak tahun 2002, ketika itu saya menggunakan blog gratis yang didukung oleh blogdrive. Di sana, saya mulai menuangkan kisah-kisah petualangan saya bekerja di kapal pesiar. Kisah-kisah itu sebenarnya pindahan dari buku harian yang saya tulis ketika masih bekerja di kapal pesiar. Dengan sedikit editan di sana-sini, tulisan itu saya up load di blog. Ternyata blog saya mendapat sambutan yang luas, karena mungkin pada waktu itu hanya satu-satuya blog yang mengulas soal bekerja di kapal pesiar. Banyak pengunjung yang datang menanyakan syarat-syarat bekerja di kapal pesiar, bahkan ada juga yang bersedia membayar sejumlah uang kepada saya asal bisa memuluskan jalan bekerja di kapal pesiar.

Pengalaman nge-blog pertama itu memacu saya untuk terus menulis. Saya kemudian mengajak beberapa teman sesama pekerja di kapal pesiar untuk menjadi kontributor di sana, jadilah blog itu milik kami bersama, bukan milik saya pribadi. Sambutan pembaca menjadi tambah luas, karena variasi tulisan juga semakin luas. Jaringan yang terbentuk menjadi semakin luas saja. Dari sana lahirlah buku, ”Mabuk Dolar di Kapal Pesiar” (Rumah Baca: 2010)

Saya juga membuat blog Rumah Baca dengan tema khusus tentang baca buku. Konsep blog ini adalah memberi ruang kepada siapa saja, pecinta buku untuk membuar review buku yang telah dibaca. Harapannya, pembaca akan mendapat pencerahan, membawa manfaat bagi kehidupan. Blog ini memang saya buat bukan sebagai milik saya pribadi. Di sana saya menggundang teman-teman sesama pecinta buku untuk menjadi kontributor.

Blog Rumah Baca ini ternyata mendapat sambutan yang luas dari pembaca. Tidak seperti Nonadita yang mampu keliling Indonesia dan mendapat bea siswa ke Amerika Serikat, melalui blog ini saya mendapat berbagai kesempatan dalam skala lokal. Melalui blog Rumah Baca, saya diudang sebagai narasumber saat talks sow memperingati hari buku sedunia di Radio Kayu Manis. Saya juga mendapat kesempatan untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan Urbanfest 2010, di Ancol, dari komunitas pecinta buku. Bahkan ada salah satu produsen handphone yang tertarik untuk mengajak Rumah Baca berkolaborasi dalam mengisi salah satu fiturnya dengan komunitas pecinta buku ini.

Nonadita telah mempraktekkan bagaimana menjadi seorang blogger, dan kemudian menuliskannya dalam buku ini. Beberapa dasar-dasar untuk nge-blog: cara membuat blog yang juicy, menarik banyak orang, dan cara-cara mengoptimalkan  peluang besar lewat blog dibahas tuntas dalam buku ini. Buku ini mengajarkan kepada para pemula, atau pecinta blog tentang bagaimana memulai, konsisten, mendapatkan sambutan dari pengunjung, serta meraih peluang tak terbatas!

Jaman on line telah dimulai, jangan sampai kamu ketinggalan kereta. Ayo, nge-blog!

Review ditulis oleh Hartono, pengasuh Rumah Baca.

1 Response to “Nge-Blog: Terbang Tinggi Ke Angkasa”


  1. 1 nuraeni Tuesday, September 20, 2011 at 12:15 pm

    insyaallah aku takkan ketinggalan ngeblog
    bulan” ini,,
    thank’s…


Leave a Reply

Data pengunjung

  • 262,340 Kunjungan

Halal atau Haramkah kerja di kapal pesiar?

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

raja 16

Raja Amoat 14

Pasir timbul, Raja Ampat 1

More Photos

Goodreads


