Panggil Aku Peng Hwa

peng-hwaTahun baru Cina 2017 baru saja berlalu. Perayaan Imlek tahun 2017 jatuh pada hari Sabtu, tanggal 28 Januari 2017. Seperti biasa, tahun baru Imlek selalu ditandai dengan guyuran hujan. Tak bermaksud untuk ikut merayakan, atau mencoba merasakan suasana Imlek, tangan saya dengan ringan mencomot buku lama yang dijual secara diskon di Toko Buku Gramedia Matraman, Jakarta. Yang menarik perhatian dari buku itu kombinasi antara judul buku. “Panggil Aku Peng Hwa,” dengan penulis buku Veven sp Wardhana. Di situ saya baru tahu, bahwa ternyata sosok penulis yang sering muncul di majalah Hai, sewaktu saya masih duduk di bangku SMP, ternyata orang Cina.

Buku ini merupakan kumpulan 20 cerpen Mas Veven, alias Effendi Wardhana, alias Peng Hwa. Judul cerpen pertama, yang menjadi judul kumpulan cerpen ini, dengan amat halus menceritakan betapa sulitnya menjadi orang Cina di Indonesia, terutama pada masa Orde Baru. Peng Hwa dengan amat terpaksa menggunakan nama negara, Effendi Wardhana, agar tak mudah jadi bahan olok-olok sebagai cina totok. Puncak dari kesulitan itu adalah tragedi kerusuhan Mei 1998 yang meninggalkan bekas luka mendalam pada korban kelompok etnis Cina.

Sebagian besar cerita yang lain ditulis dari sudut pandang korban perempuan etnis Cina. Di sana ada sosok Siao Cing Hwa, yang sempat ia jumpai di Katmandu, atau penyanyi Xiao Qing, yang ternyata adalah arwah penasaran perempuan Cina bernama Hsiao Tsing. Mereka  adalah beberapa potret luka hanya karena mereka dilahirkan sebagai orang Cina.

Melalui cerpen ini, Veven Sp Wardhana mencoba memotret sejarah yang harus menjadi ingatan kolektif bangsa Indonesia, bahwa di sana pernah terjadi tragedi yang memilukan. Tulisan serupa, yang terkait dengan tragedi Mei 1998, pernah ditulis Sindhunata, melalui novel Putri Cina yang pernah diulas di Rumah Baca.

Catatan singkat oleh Hartono Rakiman, pengasuh Rumah Baca

Advertisements

0 Responses to “Panggil Aku Peng Hwa”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 285,554 Kunjungan

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

Goodreads


%d bloggers like this: