Ada 3 hal yang selalu dipelajari oleh mahasiswa baru bisnis di Harvard University: what-why-how. What adalah data, why adalah proses analisis, how adalah menentukan tindakan berdasarkan fakta dan analisis tadi. Ketiganya merupakan kesatuan.

Sebangun dengan itu, saya ingin sekali membuka rahasia data yang selama ini hanya saya sendiri yang bisa mengaksesnya, yaitu data statistik pengunjung situs Rumah Baca. Rata-rata pengunjung Rumah Baca berkisar antara 40-80 orang setiap hari. Sejak situs ini dibangun 3 tahun yang lalu, tepatnya bulan Agustus 2007, situs ini sudah diakses lebih dari 63.000 pengunjung. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga membawa manfaat.

Satu hal yang menarik menurut saya adalah topik/ judul buku yang selalu diakses orang. Buku-buku yang hampir setiap hari diakses pengunjung adalah: Laskar Pelangi, Setengah Isi Setengah Kosong, Mangir, Ritual Gunung Kemukus, Sang Priyayi, Misteri Otak Kanan Manusia, dan Filosofi Kopi. Dan yang paling menarik lagi adalah reveiw buku Mangir telah mendapat komentar paling banyak (ada 80 komentar!). Dan dalam  perkembangnnya kemudian melahirkan situs komunitas Mangir .

http://www.tembi.org

http://www.kitakelolamangiryuk.xtgem.com

http://www.mangir.web.id

Jika kita percaya dengan data, maka ada celah menarik yang belum digarap orang: menulis buku tentang sepak terjang trah mangir dalam perkembangan dunia modern saat ini. Trah Mangir dianggap mewarisi karakter pembangkang, kuat pendirian, dan anti feodalisme. Ada yang tertarik untuk menggarap proyek penulisan buku ini?

Begitulah. Komunitas Rumah Baca ini terus bergulir bak bola salju, terus menggelinding, menabrak kebekuan dan kebuntuan pikiran. Dia menjadi media efektif untuk mengabarkan perubahan dan pencerahan melalui buku dan diskusi secara terbuka.

0 Responses to “Laporan statistik (1)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 262,707 Kunjungan

Halal atau Haramkah kerja di kapal pesiar?

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

raja 16

Raja Amoat 14

Pasir timbul, Raja Ampat 1

More Photos

Goodreads


%d bloggers like this: