Bertempat di Rumah Baca, Kampung Parung, Bojongkulur, Gunung Putri Bogor, pada sebuah pagi tgl 18 Desember 2011, diselenggarakan workshop “Citizen Journalism.”  Workshop ini dipandu oleh seorang wartawan Jurnal Nasional, Wahyu Utomo. Peserta yang “hanya” berjumlah 15 orang, cukup serius menyimak dan mendiskusikan segala persoalan Jurnalisme warga yang akhir-akhir ini sedang marak dilakukan oleh berbagai komunitas. Dan jumlah segitu sudah cukup untuk terus bergerak, bertindak, berdiskusi. Itulah komitmen mereka. Latar belakang peserta cukup beragam: aktivis LSM, pekerja di penerbitan, perparkiran, mahasiswa, hingga anak-anak SMP.

Topik yang dibahas pagi itu adalah tentang teknis reportase. Menurut  Wahyu Utomo, teknik reportase itu terdiri dari 3 hal penting: riset, observasi, dan wawancara. Nah, ketika seseorang akan mulai menuliskan hasil repotase itu, maka perlu diperhatikan unsur-unsur yang terkandung dalam teknik penulisan: 5W + 1H, cover both sides, dan fairness, selain kode etik tentunya.

Selain dibahas teknik reportase, dibahas juga hal-hal di luar hal itu, terutama menyangkut pembicaraan soal kode etik jurnalistik, perilaku dunia pers sekarang ini dalam menanggapi berbagai persoalan.

Sebagai bentuk latihan untuk jurnalisme warga, maka ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa dimulai dengan mengamati sebuah kerumunan: pasar, terminal, stasiun kereta, pasar malam, kejadian kecelakaan, dsb. Amati suatu peristiwa, selama kurang lebih 30 menit, fokus pada satu hal. Kegiatan itu sudah bisa diakatakan sebagai riset singkat, observasi, dan bisa ditambah dengan bertanya pada orang-orang yang ada di sana. Kemudian, buatlah catatan reportase dari sana. Untuk menyempurnakan tulisan, bisa minta bantuan orang lain untuk mengkritisi tulisan yang telah dibuat. Jadi deh.

Acara ini ditutup dengan sesi bagi-bagi buku persembahan dari Serambi, dan acara barbeque di belakang rumah.

2 Responses to “Rumah Baca – Citizen Journalism”


  1. 1 tunjuksatubintangku Sunday, December 18, 2011 at 9:35 pm

    Terima kasih Rumah Baca dan kawan – kawan yang hadir dalam Workshop Citizen Journalism. Belajar reportase nih …silahkan ngintip http://tunjuksatubintangku.wordpress.com/2011/12/18/reportase-sederhana-di-rumah-baca/.

    Salam
    Inggrid

  2. 2 mashar Monday, December 19, 2011 at 9:17 am

    Sudah dintip bintangnya, sambil berkedip-kedip🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 262,707 Kunjungan

Halal atau Haramkah kerja di kapal pesiar?

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

raja 16

Raja Amoat 14

Pasir timbul, Raja Ampat 1

More Photos

Goodreads


%d bloggers like this: