Indriyani dan Nisa sedang on air di radio D FM 103.4

Berbekal semangat yang menyala 2 pegiat Komunitas  Rumah Baca, Indriyani dan Nisa berangkat memenuhi undangan radio D FM di gelombang 102.4, yang terletak di daerah Mampang Jakarta. Saat itu adalah hari kamis, 22 November 2012. Dijadwalkan siaran berlangsung pukul 13.00 hingga 14.00.

Siaran on air tentang kiprah Rumah Baca ini bertepatan dengan festival buku yang sedang berlangsung di istora senayan Jakarta. Itu adalah pesta buku yang diselenggarakan setiap tahun oleh seluruh penerbit buku di Indonesia, sekaligus sebagai media interaksi antara pembaca dan penerbit buku. Acara yang berlangsung tidak hanya penjualan buku, tapi juga seminar, quiz, dan tentu saja berbagai acara on air di radio, seperti di radio D FM itu.

Sisi menarik dari siaran on air itu adalah bagaimana radio mencoba memngangkat kepedulian sebagian kecil warga yang mencoba bergerak sendiri, atas kesadaran dan kepedulian akan nasib generasi mendatang melalui dunia membaca. Segala ilmu yng beerserak di dunia ini, tersedia secara luas di dalam buku. Pengalaman dan kejadian manusia telah terekam dengan rapi dalam sebuah buku. Tak harus semua orang mengalami kejadian untuk mendapatkan ilmu, cukup dengan membaca buku.

Perbincangan soal Rumah Baca banyak mengupas soal apa itu Rumah Baca, kapan berdirinya, siapa saja yang terlibat, mengapa sampai timbul ide mendirikan Rumah Baca, semua terungkap dalam siaran radio yang berdurasi 1 jam tersebut.

Secara bergantian Indriyani dan Nisa menjelaskan bahwa Rumah Baca adalah komunitas on line yang dibentuk sejak 2007 melalui blog yang kemudian menyebar menjadi komunitas maya dari para pecinta buku. Blog itu kemudian berkembang menjadi sebuah publising, dengan menerbitkan buku kisah petualangan di kapal pesiar. Kebetulan sang pendiri Rumah Baca, Hartono   Rakiman adalah mantan waiter di kapal pesiar. Sudah ada 3 buku yang diterbitkan, yaitu: 1). Mabuk Dolar di Kapal Pesiar dan (Rumah Baca: 2010)  2). Dilema: Kisah 2 Dunia dari Kapal Pesiar (Rumah baca: 2012). Sedangkan buku   3) Illegal Alien: Kisah Petualangan Imigran Gelap di Amerika Serikat ditulis oleh penulis yang sama, tapi diterbitkan oleh MediaKita: 2011.  Ide penerbitan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendanai kegiatan komunitas Rumah Baca.

Kiprah Rumah Baca kemudian semakin diperluas dengan membuat kegiatan dinamika dasar untuk anak-anak, berupa Rumah Baca Kids. Semangat untuk mendirikan Rumah Baca Kids adalah untuk meberikan ruang apresiasi bagi anak-anak kampung untuk berkembang setara dengan saudara-saudara mereka yang lain di perumahan sekitarnya. Idealisme paling tinggi lainnya adalah memberikan kesempatan anak Indonesia untuk mandiri, kreatif dan bertanggung jawab.

Bravo Rumah Baca!

0 Responses to “Rumah Baca – D FM 103.4”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Data pengunjung

  • 262,707 Kunjungan

Halal atau Haramkah kerja di kapal pesiar?

Resensi yang lain

Index

my pictures at flickr

raja 16

Raja Amoat 14

Pasir timbul, Raja Ampat 1

More Photos

Goodreads


%d bloggers like this: